Kamis, 26 Maret 2009

KIMIA DASAR

Terpampang dihadapanku 3 lembar kertas
Yang satu soal
Yang satu jawaban
Yang satu lagi buram

Soal masih kencang
Mulus tanpa lipatan
Kertas jawaban baru berisi nama, nim, prodi, offering dan nomor-nomor
Buram?
Aku pakai menulis sajak ini

Mari kuberitahu nak, mata kuliah ini namanya kimia dasar
Berisi melodi anak-anak IPS yang tersadar
Dan bertanya, apakah kita kesasar?

Di sudut-sudut kelas terlihat kepala menoleh, maju, mundur
Melihat apa yang ditulis di lembar jawaban teman
Sedangkan aku dari tadi terdiam

Bukannya aku sudah selesai mengerjakan, tidak
Dan bukan juga merasa sok bisa hingga tidak lihat kiri kanan
Oh – bukan, aku belum mengerjakan

Tapi aku merasa lebih baik sejenak kumenulis sajak
Tentang UTS Kimia Dasar pagi ini
Daripada aku khawatir tidak bisa menjawab soal-soal
Aku paling ogah rasa deg-degan

Karena aku gadis yang ceria
Aku gadis yang bersemangat
Meniti langkah melebar keluar dari tata boga
Walau dalam hati masih penasaran dengan kimia
Meskipun mengerjakan soal seperti ini aku tak bisa
Karena aku bukan anak IPA
Basic kimia aku nggak ada
Aku lebih baik nonton berita
Belajar politik dari media massa

(Kenapa ya tata boga masuk kelompok ujian IPS pas SPMB kemarin? Kenapa nggak IPA aja ya? Fakultasnya aja teknik.... teknik kan identik dengan IPA BANGET....
Aargh, aku lupa, besok aku di sastra ada ilmu alamiah dasar, moga2 nggak ketemu saudara-saudaranya kimia.... bitaaach.....)

Tidak ada komentar: