Minggu, 26 Oktober 2008

FLASHBACK 1986-2008

Tahun 1986, dalam kemilau senja
Di sebuah bangunan tua di tengah kota
Seorang wanita dari sebuah kota kecil di selatan jawa
Berjalan ke kos-kosannya sambil memeluk buku fisika
Sambil mengingat wajah ayah dan bunda
Dalam hatinya ia berkata
“Aku pasti bisa! Karena aku menginginkannya. Begitu banyak orang yang menyayangiku dan aku ingin mereka bahagia. Aku akan menjalani ini semua dengan penuh cinta”

Mata beningnya menyorot ke segala penjuru
Dimana-mana bertebaran remaja dengan jas biru
Yang ingin menjadi guru
Bibirnyapun menyungging senyum setulus bulan sabit
Meyakinkan diri dalam menunaikan amanah yang sulit
Namun pahalanya tidak sedikit

Dua puluh satu tahun berjalan tak terasa
Dalam perjalanannya mengabdi pada negara
Sebagai penerang dalam gulita
Seorang siswi datang padanya
Membawa sebuah puisi dan vanilla cupcakes ditangannya
“Ibu pilih yang mana? Ambil satu bu! Ini hari ulang tahun saya. Saya sayang ibu. Terimalah sebagai tanda persaudaraan!”
Wanita itu hanya tersenyum dan menatapnya seperti matahari menerangi dunia
Dan ia mengambil dua-duanya
Ia berkata “Sukses ya….”
“Terima kasih. Doakan saya….” jawabnya.
Lalu terdengar suara kecupan yang penuh cinta

Dan kini sang siswi telah diterima
Di perguruan tinggi tempatnya dulu meraih sarjana
Dan jurusannya membawanya untuk terus berkarya
Tak hanya untuk dia, tapi juga untuk negara

Tidak ada komentar: